Translate

23 March, 2019

TIGA PENYEBAB DARAH MENGGUMPAL SAAT MENSTRUASI



Hal semacam ini biasanya terjadi pada kaum wanita di awal siklus hari pertama menstruasi karena pada saat itu aliran darah yg keluar dalam kondisi deras,penyebabnya adalah saat dalam kondisi menstruasi tubuh wanita mengeluarkan zat antikoagulan (zat pencegah pembekuan darah) yg berpungsi mencegah darah menstruasi menggumpal ketika di keluarkan.



Namun ketika aliran darah menstruasi sedang deras derasnya zat antikoagulan tidak dapat memproses semua darah untuk di cairkan,maka masih ada beberapa darah yg keluar dengan wujud menggumpal.



Bentuk dari gumpalan darah saat menstruasi umumnya menyerupai gel yg berwarna merah hingga ke coklatan,bila gumpalan darah berukuran kecil dan hanya terjadi sesekali itu dianggap normal,namun jika gumpalan darah berukuran besar dan sering terjadi dan tidak kunjung berkurang itu dianggap situasi menstruasi yg tidak normal.



Ada beberapa paktor lain yg mepengaruhi darah menstruasi keluar menggumpal diantaranya :


1.KETIDAK SEIMBANGAN HORMON
Kondisi lapisan rahim bergantung pada keseimbangan hormon estrogen dan progesteron,jika terlalu banyak atau sedikit maka kemungkinan terjadi pendarahan menstruasi yg tidak wajar.


2.INFEKSI RAHIM
Jika terjadi infeksi pada saluran rahim maka waktu menstruasi menjadi lebih lama dan darah yg di keluarkan lebih banyak dan menggumpal,jika hal ini di biarkan maka akan beresiko terkena penyakit anemia atau tekanan darah rendah.


3.MIOMA UTERI
Mioma uteri merupakan salah satu penyakit tumor yg ada di uterus dan akan memeperluas permukaan endometrium,namun anda jangan khawatir penyakit tumor ini merupakan penyakit tumor jinak yg masih bisa di obati.