Translate

23 March, 2019

PENYEBAB MUNTABER & CARA PENULARAN


Muntaber


Muntaber yaitu suatu kondisi terjadinya peradangan pada saluran pencernaan,khususnya lambung,usus besar,dan usus kecil,yg bisa menimbulkan gejala seperti,diare berair,keram perut,mual dan muntah.



gejala ini terkadang disertai perut kembung,demam,menggigil,sakit kepala dan kelelahan,tanda-tanda gejala tersebut biasanya berlangsung selama 2-3 hari bahkan ada yg dapat bertahan hingga satu Minggu.



Muntaber dapat menyerang di semua kalangan umur,baik itu bayi,anak-anak bahkan orang dewasa,bahaya terbesar yg diakibatkan oleh muntaber adalah dehidrasi,hilangnya cairan melalui diare dan muntah dapat mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh,sehingga dapat menyebabkan masalah yg berpotensi untuk mengancam jiwa,seperti kelainan jantung.



Jika anda mengalami gejala seperti di atas segeralah berkonsultasi dengan dokter,agar anda mendapatkan pengobatan yg tepat sesuai kondisi muntaber yg anda derita.



Muntaber merupakan penyakit yg sangat menular,cara penularannya yaitu lewat makanan atau minuman yg terkontaminasi,bisa jug melalui kontak tidak langsung dengan orang yg terinfeksi,misalnya,dengan berbagi makanan,air,atau peralatan makan.



Cara mengobati muntaber


Yg paling penting dalam mengobati muntaber,adalah dengan mencegah dehidrasi,perawatan harus dimulai di rumah,dokter mungkin akan memberikan petunjuk spesifikasi tentang jenis jenis cairan apa yg harus di konsumsi.



konsums for disease control and prevention merekomendasikan keluarga untuk memiliki pasokan oralit di rumah,oralit biasanya dapat di temukan di apotek tanpa resep,ikuti petunjuk yg ada dalam bungkus,dan gunakan air yg bersih untuk meminumnya.


Cara mencegah muntaber dan cara penularanya


Cara yg dapat mengurangi peluang untuk terinfeksi virus diare yaitu,dengan sering mencuci tangan,menggunakan klorin pembersih rumah tangga yg berbasis pembersih/pemutih,dan segeralah cuci pakaian yg terinfeksi,jika makan dan minuman di duga terkontaminasi segeralah buang,hindari berbagi barang untuk di pakai bersama dengan orang yg terinfeksi muntaber.