Translate

03 April, 2019

PENYEBAB TBC ( TUBERKULOSIS ),GEJALA & CARA PENCEGAHAN




Tuberkulosis dikenal juga dengan nama TBC,yaitu semacam penyakit paru-paru akibat kuman,TBC dapat menimbulkan gejala berupa batuk yg disertai dahak bahkan terkadang disertai darah,yg berlangsung lama yaitu sekitar lebih dari tiga Minggu,dan merupakan penyakit menular.




Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru,tetapi juga bisa menyerang bagian organ tubuh lain seperti,tulang,usus dan organ kelenjar.



Cara penularan penyakit ini yaitu melalui percikan ludah yg keluar dari penderita TBC,yaitu saat berbicara,batuk,bersin dan saat meludah,bakteri yg dikeluarkan penderita TBC akan ikut terbang melalui udara,dan akan menular pada orang lain lewat udara yg di hirup.



penyakit ini lebih rentan menular pada seseorang yg memiliki kekebalan tubuh yg rendah,misalnya penderita HIV,Penyakit TBC juga dapat menimbulkan beberapa gejala sebagai berikut.




Gejala tuberkulosis ( TBC )



Selain menimbulkan gejala berupa batuk yg berlangsung lama,penderita TBC juga akan merasakan beberapa gejala lain yaitu:


• Demam
• Lemas
• Penurunan berat badan
• Tidak nafsu makan
• Nyeri dada
• Berkeringat di malam hari meski tidak sedang
  kegerahan.




Pengobatan Tuberkulosis ( TBC )


TBC dapat di deteksi melalui pemeriksaan dahak,tes darah,Poto Rontgen dada dan tes kulit yg biasa di lakukan dokter dalam mendiagnosis penyakit ini,TBC dapat disembuhkan jika penderitanya patuh mengkonsumsi obat sesuai dengan resep dokter,penderita biasanya akan diresepkan beberapa jenis obat untuk jangka waktu konsumsi yg lumayan cukup lama yaitu sekitar 6 bulan,untuk info obat sebaiknya berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat memberikan jenis obat yg tepat sesuai dengan kondisi TBC yg di derita dan dosis pemakaian yg tepat.








Cara pencegahan Tuberkulosis


TBC dapat dicegah dengan pemberian vaksin,yg di sarankan dilakukan pada bayi sebelum bayi berusia dua bulan,selain itu pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara:



• Mengenakan masker saat berada di tempat ramai
• Tutupi mulut saat bersin,batuk dan tertawa
• Tidak membuang dahak atau meludah
  Sembarangan




Yuk sama-sama kita jaga kesehatan,karena hidup sehat satu jaminan kelangsungan hidup anda



SEMOGA BERMANFAAT