Translate

23 March, 2019

BEBERAPA MANFA'AT BUAH TAKOKAK UNTUK KESEHATAN




Takokak biasa disebut juga dengan nama cepoka,pokak,cokawana Turkey berry dan lain-lain.


Nama ilmiah dari tanaman ini adalah solanum torvum,masih tergolong keluarga solanaceae,ciri-ciri tanaman takokak agar mudah dikenali yaitu mempunyai batang pohon yg kecil,berduri dan berbulu/memiliki rambut jika di perhatikan sekilas hampir mirip dengan buah terong bulat hanya saja ukuran buahnya yg mini.


Buah takokak mengandung vitamin A,klorogenin,torvogenin,solasonin,dan sisalogenone,daunya mengandung panikolugenin dan neo-klorogenin,sedangkan akarnya menyimpan jurubine,takokak memiliki efek farmakologis seperti analgetik,antitusif dan anti koagulan,selain dapat mengobati mata minus takokak juga mengobati beberapa jenis penyakit di bawah ini diantaranya yaitu:

A. Tulang keropos (osteoporosis)
Vitamin yg terkandung dalam buah takokak mampu memperbaiki tulang yg keropos,buatlah ramuan tradisional dari bahan alami,pakai buah takokak dan kacang kedelai masing-masing sebanyak 100 gram,anda dapat memasaknya sesuai selera anda,seperti di buat sup dan lain-lain.

B. Asam urat tinggi
Untuk menurunkan kadar asam urat yg terlalu tinggi,siapkan 100 gram buah takokak dan buah nanas tambahkan rebon (sejenis udang kecil) kemudian di tumis,masakan ini bisa di konsumsi setiap hari.

C. Penyakit liver
Didihkan dua gelas air dalam panci,masukan 60 gram buah takokak,kemudian angkatlah setelah airnya hanya tersisa satu gelas,minum airnya selagi hangat setiap hari.

D.Batuk kronis
Jemur akar takokak,ambil 12 gram saja,kemudian di rebus Dangan 750 ml air sampai berkurang separuh airnya,kemudian minum airnya saat pagi dan malam hari.

E. Melancarkan sirkulasi darah
Panaskan 600 ml air dengan api kecil,masukan 20gr daun dewa dan 30gr buah takokak kedalamnya,setelah airnya berkurang setengahnya,kemudian angkat dan saring lalu minum sehari sekali.

PERHATIAN
Seseorang yg mempunyai riwayat penyakit glukoma tidak di anjurkan mengkonsumsi ramuan dari tanaman takokak ini,dan hindari dosis berlebihan untuk mencegah keracunan.